Mengenal Port-Port CISCO

Mengenal Port-Port CISCO

Router adalah sebuah alat dalam jaringan WAN dan atau internet yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah sistem jaringan dengan sistem jaringan lain yang berbeda kelas atau berbeda network id. Dengan menggunakan router, maka kita bisa menghubungkan 2 buah jaringan komputer dimana satu jaringan dengan network id 192.168.1.0 dan lainya menggunakan alamat jaringan (network id) 10.10.10.0. Dalam kasus nyata adalah saat kita terhubung dengan internet dimana ip internet kita adalah 118.178.10.16 sedangkan ip komputer pada jaringan lokal kita adalah 10.10.10.15.

Untuk lebih memahami tentang router, maka berikut bagian luar atau port pada router :
1. Port serial yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu router dengan router yang lain atau antara router dengan modem ADSL untuk akses internet.
2. Port Auxiliary adalah port router yang digunakan untuk menghubungkan router dengan modem dial up, sehingga router bisa diatur atau di setting melalui jaringan internet.
3. Port Fast Ethernet adalah port yang digunakan untuk menghubungkan antara router dengan switch hub pada jaringan lokal.
4. Port Console adalah port yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer dan router secara langsung dengan menggunakan kabel utp tipe rol over.
5. Panel switch adalah saklar untuk menghidupkan dan mematikan router.
6. Power Conector adalah jalur tegangan untuk memberi tegangan listrik pada router.
7. Led Indikator adalah lampu yang memberikan tanda bahwa router bekerja / hidup atau tidak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Port-Port CISCO"

Post a Comment