Tugas Pengantar Teknologi Informatika


  1. jelaskan bagaimana cara kerja mouse wireless !
  2. jelaskan cara kerja barcode reader !
  3. apa perbedaan antara antara monitor CRT dengan LCD ? jelaskan !
  4. sebutkan dan jelaskan jenis- jenis keyboard yang biasa kita gunakan!
  5. seandainya anda seorang penemu dan mendapat tugas untuk membuat sebuah alat input baru   maka alat input dan output jenis apa yang anda ciptakan  ?jelaskan alsanya !

Jawaban

  1. Setiap gerakan atau klik yang terjadi akan direkam lalu dikirim melalui RF (Radio Frequency) transmitter yang ada di dalam mouse dalam bentuk sinyal.Sinyal yang diterima oleh RF Receiver yang biasanya berbentuk seperti flashdisk yang dipasang pada komputer atau laptop.Sinyal itu kemudian dikonversikan atau dirubah menjadi data yang dimengerti oleh komputer atau laptop Kemudian komputer akan merespon data tersebut ke layar monitor.
  2. Seperangkat Barcode Scanner terdiri dari scanner, decoder dan kabel yang menyambungkan decoder dengan komputer. Barcode Scanner tersebut memindai symbol, menangkap dan merubah kode bar menjadi data elektrik lalu mengirimkannya ke komputer  dengan format data yang sederhana. 
  3. Ukuran fisik monitor CRT jauh lebih besar, karena memerlukan ruang untuk tabung CRT. Ukuran  LCD lebih ramping sehingga sesuai untuk tempat yang terbatas atau untuk laptop
Awalnya warna monitor LCD hanya ratusan hingga ribuan jenis, sedang CRT sudah mencapai jutaan. Namun, LCD-LCD jenis baru telah dapat memproduksi warna yang tak terbatas sehingga tampilan lebih halus Resolusi Umumnya monitor CRT dapat menampilkan berbagai variasi resolusi, sedangkan monitor LCD hanya memiliki satu resolusi native, yaitu resolusi di mana tampilan yang dihasilkan mempunyai gambar paling jelas. Keadaan ini merupakan resolusi LCD tertinggi yang dapat dijangkaunya.

Kecerahan 
Pada CRT kecerahan gambar tidak menjadi masalah. Pada LCD, mengingat pancaran cahaya dilakukan dari belakang, LCD memiliki level kecerahan yang berbeda dengan CRT. Ukuran kecerahan LCD biasanya dinyatakan dalam satuan nits, yaitu berkisar antara 70-250 nits. Semakin tinggi nilai nits, maka semakin cerah tampilan gambarnya.

sudut Penglihatan 
Dibandingkan dengan CRT, monitor LCD memiliki sudut penglihatan yang lebih kecil, sehingga warna yang muncul bisa berubah jika  dilihat dari samping atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Namun monitor LCD dewasa ini telah memiliki sudut pandang yang lebih luas lagiPemakaian Daya dan Emisi RadiasiLCD hanya memerlukan daya listrik yang kecil untuk pengoperasiannya dan tidak mengeluarkan emisi radiasi yang berbahaya jika dibandingkan dengan monitor CRT. Rata-rata monitor komputer memerlukan daya listrik 110 watt,  Monitor LCD lebih mahal dibandingkan dengan jenis CRT.
4. . Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
 Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
 Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat

5.CPU Wireless
Karena CPU yang sudah ada di pasaran sekarang kurang efisien, memerlukan banyak kabel, jadi saya ingin membuat sebuah CPU wireless, Lebih efisien tidak menggunakan kabel  hanya memerlukan jaringan wireless.

Nama : Maulana Yusup
Kelas : TI-17A
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Pengantar Teknologi Informatika"

Post a Comment