Pengertian Ping, Tracert, dan Nslookup


     Sudah lama saya tidak posting di blog kesayangan saya ini, dikarenakan ada kesibukan hehe. Langsung saja dikesempatan kali ini saya akan jelaskan tentang pengertian Ping, Tracert, dan Nslookup oke langsung saja disimak.
      PING adalah sebuah tool yg digunakan untuk mengecek konektivitas antar satu komputer dengan lainnya, hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) kepada IP Address yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. berikut contoh ping
Jika jaringan tidak ada masalah makan muncul Reply from seperti di atas, dan jika jaringan bermasalah maka yg akan muncul adalah Request Time Out ( RTO )

      TRACEROUTE/ TRACER  saya ambil sedikit penjelasan dari wikipedia “Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan” Berikut saya berikan contoh nya
contoh penggunaan tracert di atas  “tracert google.com” disitu akan terlihat beberapa hop atau lompatan router mana saja yg dilewati dari komputer saya menuju google.com.

     Nslookup  adalah suatu tool untuk melihat query DNS Server yg digunakan dan juga untuk melihat IP Address suatu domain maupun sebaliknya contoh penggunaan nslookup “nslookup google.com” 


Sekian penjelesan dari saya semoga bermanfaat thanks.





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Ping, Tracert, dan Nslookup"